Selasa, 13 November 2012

TEKHNIK MENDAYUNG KALIWATU RAFTING

TEKHNIK MENDAYUNG KALIWATU RAFTING


Secara umum perahu karet dikendalikan dengan dua cara :
  • Pertama Hanya satu orang yang mendayung dengan dua buah dayung panjang. Pendayung ini juga sekaligus berfungsi sebagai kapten di perahu. Sistem ini disebut OAR TECHNIQUES. 
  • Kedua adalah seluruh awak mendayung dan satu orang sebagai kapten. Sistem ini disebut PADDLERAFT TECHNIQUES. Selanjutnya teknik inilah yang akan dijelaskan disini.
  1. MENGATUR POSISI DUDUK PADA PERAHU KARET
    Untuk duduk di perahu karet sebenarnya tidak memiliki aturan yang mutlak, karena untuk posisi duduk sendiri tergantung dari keseimbangan dan kenyamanan yang dipunyai oleh setiap awak perahu. Namun perlu diketahui bahwa cara duduk yang dikenal selama ini ada dua macam yakni :

    Untuk posisi duduk yang pertama dengan cara duduk seperti menunggang kuda (Cowboy style) dimana kedua kaki menjepit lingkaran tabung udara pada perahu. Sedangkan untuk posisi duduk yang kedua adalah seperti orang perempuan duduk membonceng sepeda motor, dimana kedua kaki masuk ke bagian dalam perahu.

    Bagi awak perahu yang memilih duduk dengan cara cowboy style harus selalu waspada dan segera menarik kaki bagian luar ke dalam perahu ketika perahu akan menabrak batu. Pada pengaturan posisi awak perahu diusahakan membagi kekuatan secara seimbang antara kedua sisi perahu. Bila jumlahnya ganjil, maka ada yang duduk di buritan perahu dan biasanya bertindak sebagai kapten serta mengemudi, mengarahkan perahu ketika satu sisi atau lainnya mendayung tidak serempak.
     
  2. GERAK DAN ARAH MENDAYUNG
    Dalam mendayung tidak perlu berlebihan serta tanpa arah yang tepat. Namun jika memang dibutuhkan untuk menambah kecepatan, maka masukkanlah gagang dayung ke dalam air dan kayuh dengan tenaga penuh. Pada gerakan mendayung ini otot perut dan tangan dikerahkan untuk mendapatkan tenaga yang optimal dan efektif.

    Untuk Gerakan dan arah mendayung yang perlu dipahami oleh semua awak perahu adalah sebagai berikut :

    • Dayung Maju (Forward Strokes)
      Dayung maju dimulai dengan mendorong dayung ke depan. Kemudian tahan sebentar posisi ini dengan kuat dorong pegangan dayung ke depan untuk menekan daun dayung dalam-dalam ke air. Lanjutkan mendayung dengan mendorong pegangan sekaligus menarik gagang dayung, dengan mempertahankan daun dayung pada sudut yang benar sehingga dayung berada di bawah pantat. Keluarkan daun dayung kemudian putar daun dayung sejajar permukaan air. Ulangi lagi. Ini sering disebut dengan dayung kuat. Jenis mendayung maju lain adalah dengan menempatkan dayung lebih ke luar.
       
    • Dayung Balik (Back Stroke)
      Kebalikan dari forward stroke. Masukan dayung ke dalam air jauh ke arah belakang pantat, kemudian dorong gagang ke depan sambil menarik pegangan ke belakang dan gerakan ini berakhir ketika daun dayung berada pada posisi awal dayung maju.
       
    • Dayung Tarik (Draw Stroke)
      Dayung tarik dilakukan dengan memasukkan daun dayung jauh ke samping dan kemudian tarik ke arah perahu dengan lurus.
       
    • Dayung Menyamping (Pry Stroke)
      Untuk dayung menyamping adalah kebalikan dari dayung tarik dan merupakan pelengkap untuk mengendalikan perahu dan biasanya dilakukan kapten yang duduk di buritan untuk mengendalikan perahu.

TEKHNIK MENDAYUNG KALIWATU RAFTING

Mengingat perlunya komunikasi yang seragam antar awak perahu dengan kapten rafting di malang ini, secara sepakat harus disetujui adanya sejumlah komando ulang jelas dan singkat :
  1. Maju,semua mendayung maju. 
  2. Kuat,semua mendayung kuat. 
  3. Dayung balik,semua mendayung balik. 
  4. Belok kanan,sebelah kanan mendayung balik,sebelah kiri mendayung maju. 
  5. Belok kiri,sebelah kiri mendayung balik,sebelah kanan mendayung maju. 
  6. Tarik kanan,sebelah kanan dayung tarik,sebelah kiri dayung menyamping. 
  7. Tarik kiri,sebelah kiri dayung tarik, sebelah kanan dayung menyamping.
Untuk konsultasi Training Motivasi MalangOutbound MalangWisata MalangTravel di Malang dan Hotel di Malang Jatim yang sesuai dengan kebutuhan tim Anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut:Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut:


JAKARTA          
Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun – Jakarta Timur 13220
Mobile: 081 334 664 876 / 085 311 091 054

SURABAYA
Jl. Nginden Semolo 44 Surabaya
Mobile: 0858 1219 5551  / 085 755 059 965

MALANG
Perum Taman Landungsari Indah N1 Malang
Mobile : 087 836 152 078 / 082 231 080 521
No. Telp : 0341 5032699
Pin BB : 5E0C2C45

Email :
indonesiasukses@yahoo.com

indonesia.tips@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar